Manfaat Tumbuhan Tali Putri - Cassytha filiformisL

Tali Putri - Cassytha filiformisL

Tali Putri merupakan tanaman jenis benalu yang hidup pada tumbuhan inang, tumbuhan ini sangat tergantung padang inangnya, bertahan hidup dengan menghisap tanaman inangnya. Tumbuhan ini tumbuh sampai 4-10 cm dan terus merambat dan melilit inangnya seperti mie. Tumbuhan yang menjadi korban sang tali putri kelamaan akan menguning dan mati. Walupun tanaman ini mengganggu tanaman ini memiliki manfaat untuk kesehatan pada manusia. Berikut ini merupakan manfaat tumbuhan Tali putri untuk kesehatan yang di ambil dari beberapa sumber.

Kandungan Tumbuhan Tali Putri

Tali Putri memiliki beberapa kandungan seperti senyawa actinodaphine, ocoteine, cassythine, isoboldine, lysicamine, laurotetanine, cassameridine, filiformine, cassyfiline, cassamedine, cassythidine, cathafiline, cathaformine, cassyformine, N-metilactinodaphine, dan predicentrine. Tali putri bersifat manis, beracun dan agak pahit. 

Tumbuhan tali putri yang hidup pada inang yang yang menurut kita merupakan tumbuhan hama bisa menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya menghentikan darah (hemostatik), peluruh kencing, membersihkan darah, antiradang, dan untuk penurun panas (antipiretik), batuk paru-paru karena panas, kesulitan bersalin,  radang ginjal, cacingan, dan kanker.

Penggunaan tanaman Tali Putri untuk obat-obatan maka konsultasi dulu dengan ahli obat-obatan herbal, agar tidak salah dalam memanfaatkannya. 

Komentar