Nama Buah Dalam Bahasa Aceh

Bahasa Aceh merupakan salah satu bahasa daerah yang ada di Indonesia, dengan kemajuan jaman dan banyak orang yang intelektual atau pendidikan tinggi di orang-orang Aceh banyak anak-anaknya yang lansung di ajarkan bahasa Indonesia, saya ingat di saat saya masih kecil orang Aceh mengajari anaknya langsung dengan bahasa Aceh. Akan tetapi beda dengan sekarang ini orang langsung memperkenalkan bahasa Indonesia kepada anak-anaknya yang belum bisa berbicara. Seakan orang orang Aceh menghilangkan bahasa atau budayanya sendiri, dengan alasan kalau anaknya berbicara bahasa Indonesia akan pintar di sekolahnya, itu lucu bagi saya. hehe 

Selain itu anak-anak remaja di Aceh Sekarang mulai malu berbicara bahasa Aceh, mereka merasa minder atau apalah itu bagi mereka. Saya orang Aceh dan bahasa sehari-hari saya bahasa Aceh. Bagi saya sendiri sebagai orang Aceh sangat bangga masih bisa berbicara dengan baik bahasa Aceh, dan bagi saya keren berbicara bahasa aceh di lingkungan orang aceh yang berbicara bahasa Indonesia, dan nantinya untuk anak-anak saya akan memperkenalkan bahasa Aceh. Maaf agak panjang lebar curhat tentang orang-orang Aceh jaman sekarang, tapi sebenarnya saya buka membahas tentang itu sekarang, tapi saya akan membagikan tentang nama buah-buahan yang bisa dimakan dalam bahasa Aceh. Karena buah-buahan yang saya tulis disini mulai langka di Aceh, mungkin kedepannya orang-orang tidak tahu dengan nama buah ini karena jarang dilihat. 

Berikut ini adalah nama buah-buahan dalam bahasa Aceh dan terjemahannya.
  • Boh Tuba Rasa, bahasa Indonesianya dikenal dengan Srikaya
  • Boh Manggeng dalam bahasa Indonesia adalah Manggis
  • Boh Setui bahasa Indonesianya Kecapi
  • Boh Rambe dikenal dengan nama buah Rambai
  • Boh Punti, rasa buah ini manis dan merupakan salah satu dari jenis buah alpukat kulitnya tipis dengan biji besar
  • Boh Janeng dalam dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Umbi Gadung, buah ini bila di olah menjadi makanan yang enak, dan buah ini kalau tidak tahu cara mengolahnya akan memabukkan
  • Boh Timoen Tikoh, ini banyak tumbuh di hutan daerah perkampungan, buahnya kecil-kecil hijau bila sudah masak warnanya akan berubah menjadi merah, rasa buah ini tawar dan sama dengan rasa timun pada umumnya
  • Boh Rambot bue (Rambutan Monyet) kalau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Leletup
  • Boh Joek, ini salah satu buah yang dijadikan kolang-kaleng di saat bulan puasa dan ini merupakan buah dari pohon Aren.
  • Boh mancang merupakan salah satu buah yang hampir sama dengan buah mangga, buah ini merupakan keluarga buah mangga, boh mancang sangat wangi kalau sudah masak
  • Boh Sirih, ini dikenal dalam bahasa Indonesia dengan buah Karsen
  • Boh Jambe Kleng, buah ini agak sepat dengan rasanya manis dan agak sedikit asam, boh jambe kleng dalam bahasa Indonesia Buah Jamblang
  • Boh Koini dalam bahasa Indonesia buah Buah Kweni
  • Boh Meuria, ini merupakan buah yang sudah sangat langka dalam bahasa Indonesia Buah Rumbia
  • Boh Lona atau dalam bahasa Indo buah Sirsak
  • Boh Limeng Sagoe, merupakan salah satu jenis buah belimbing yang buahnya kalau di potong bentuk bintang yang juga dikenal dengan nama belimbing star
  • Boh Kachueng ini salah satu buah yang banyak khasiat bagi kesehatan dalam bahasa Indonesia buah ini dinamakan dengan Ciplukan
  • Boh Kerundong dikenal dengan nama buah Kedondong
  • Boh siku, ini adalah buah kesukaan saya dalam bahasa indo dikenal dengan nama buah Sawo
  • Boh Keulayu, buah ini rasanya sepat manis, saat mudah warnanya hijau ketika sudah matang berwarna merah hitam
  • Boh Lipah dikenal dengan nama buah Nipah
  • Boh geulima bruek, buah ini rasanya manis asam
  • Boh Cawieng dikenal dalam bahasa Indonesia Buah Takokak
  • Boh kuemude ini salah satu buah yang banyak khasiatnya juga, kalau dalam bahasa Indonesia boh kuemude dikenal dengan nama buah Noni
  • Boh Keutapang

Boh Ramboet Bue - Buah Leletup

Pada kali ini Sekian dulu yang dapat saya bagikan kalau nama buah-buahan dalam bahasa Aceh yang mungkin anda ingin tahu, di lain kali saya akan bagikan yang lebih banyak lagi tentang nama-nama buah dalam bahasa Aceh.

Mungkin anda ingin bertanya nama buah lainnya dalam bahasa Aceh atau ingin menambahkannya silahkan komentar di bawah, kalau pertanyaan InsyaAllah Saya akan menjawab dengan sepegetahuan saya. 

Komentar

  1. Saya sependapat dengan anda. Sebab,jika bahasa asli(IBU) kita hilang, maka hilang pulalah identitas kita. Meskipun hanya nama-nama buah saja yang diketahui tapi itu tetap identitas kita. Sip Bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sebelumnya bang sudah berkomentar di blog saya, iya bang semakin tahun tinggi orang orang semakin melupakan bahasanya dan budayanya.. !!!

      Hapus
    2. Makasih sebelumnya bang sudah berkomentar di blog saya, iya bang semakin tahun tinggi orang orang semakin melupakan bahasanya dan budayanya.. !!!

      Hapus
  2. Assalamualaikum,oen culuet kiban bentuk jih bg,puenan dlm bahasa Indonesia,

    BalasHapus
  3. boh meurinya. sejenis mangga tp kecil2 dn bulat.

    BalasHapus

Posting Komentar