Murai Batu Kepala Putih atau Murai Batu Haji


Murai Batu Kepala Putih habitatnya adalah pulau kalimantan, orang-orang pulau jawa dan sumatra tidak banyak yang mengenal murai batu ini. kalau dikalimantan tida asing lagi karena tempat habitatnya. Orang-orang kalimantan menyebutnya dengan murai batu Murai Batu Mahkota, Ini merupakan salah satu jenis murai batu Borneo.

Murai batu ini mirip dengan spesies murai batu Murai Batu Banjar, baik dari ukuran tubuhnya yang sedang dan ekornya yang pendek sekitar 10 sampai 13 cm. perbedaan antara keduanya pada warna bulunya yang memiliki corak putih, pada bagian kepala dan perbatasan punggung dengan ekor.

Kalau di Malaysia murai batu ini dikenal dengan murai batu sabah dan ada juga yang menyebutnya dengan Murai Batu Chai. Kalau di Malaysia murai batu ini sangat populer dan dikenal oleh banyak orang. murai batu kepala putih memiliki spesies tersendiri dengan nama ilmiah Copsychus stricklandii, ini seperti dalam buku Dalam buku Distribusi dan Taksonomi burung se-Dunia dengan penulis CG Sibley dan BL Manroe, Murai batu kepala putih memiliki 2 sub-spesies, yaitu Copsychus stricklandii dan Copsychus stricklandii barbouri. terus yang membedakan murai batu kepala putih dengan stricklandii terletak pada warna bulu pada perbatasan punggung dengan ekor. Murai batu kepala putih dengan jenis barbouri memiliki bulu warna putih pada bagian tersebut. Sementara pada jenis stricklandii tidak ada dan hanya bulu dengan warna hitam polos.

Komentar