Pengertian Tumbuhan Parasit

Pengertian Tumbuhan Parasit merupakan salah satu tumbuhan yang menempel dan hidup pada tanaman lain atau yang disbeut dengan inang. tumbuhan ini mengambil makanan dari inangnya, tanaman parasit bagi para petani merupakan hama yang berbahaya yang akan menjadikan tanaman inangnya kurus, kering dan mati. Tumbuhan parasit tergolong dalam jenis parasit sempurna dan semi parasit.


1. Tumbuhan Parasit Sempurna
Tumbuhan Parasit sempurna atau total parasite, merupakan tumbuhan parasit yang menyerap makanan sepenuhnya pada inangnya, tumbuhan parasit ini sangat merugikan inang tempat di tumbuh. Mereka dapat memekan jaringan tumbuhan inangnya dan melepaskan racun. Contoh parasit sempurna adalah Balanophora spp. yang merupakan parasit hutan hujan tropis, Cuscuta spp. ini merupakan parasit perdu pohon kecil, Orobanche spp. ini merupakan parasit pada akar tomat dan tembakau. Rafflesia spp. ini adalah parasit di akar ara atau pad pohon-pohon anggota genus Ficus.

2. Tumbuhan Semi Parasit
Tumbuhan Semi Parasit atau semiparasites atau partial parasites yaitu tumbuhan parasit yang hiudp dengan suplai makanan sebagian dari inangnya dan sebagian dari fotosintesis yang dilakukannya sendiri. Contohnya Cassytha spp dan Tapinanthus bangwensis yang merupakan salah satu parasit yang tumbuh di cabang pohon. Striga spp salah satu parasit yang tumbuh di akar rumput. Sopubia ramosa merupakan parasit yang tumbuh di akar alang alang.

Komentar