Burung Kuau Raja atau Burung Seratus Mata

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah stau burung langka yang ada di Indonesia yaitu Burung Kuau Raja atau dalam bahasa ilmiahnya di kenal dengan nama Argusianus argus, Burung ini merupakan burung langka jarang didegar namanya, dan burung ini merupakan burung raksasa dengan jantan berukuran 120 cm dan betina 60 cm. burung ini indentik dengan Provinsi Sumatera Barat. burung ini masuk dalam suku Phasianidae

Burung Kuau Raja atau Burung Seratus Mata
Salah satu burung Kaua Raja yang ditemukan di Aceh Utara
Sumber gambar lintasgayo.co

Warna bulu burung Kuau Raja coklat kemerahan dengan kepalanya berwarna biru, burung jantan dewasa berukuran besar. di atas kepala burung ini terdapat jambul dan bulu tekuk dengan warna hitam. Pada bulu burung ini terdapat bintik-bintik yang bagaikan mata serangga. dengan ini kadang burung ini dikenal dengan burung seratus mata. burung betina lebih kecil dari pada yang jantan, jambul pada kepalanya warna kecoklatan. bulu dan ekor burung betina tidak se panjang jantan, dengan mata lebih sedikit pada bulu-bulunya.

Populasi burung Kuau Raja dapat di temukan di Asia Tenggara, di hutan tropis Sumatra, Borneo dan Semenanjung Malaysia. Burung ini dikategorikan sebagai burung beresiko Hampir Terancam punah oleh IUCN karena kerusakan hutan dan pemburuan liar.


Komentar