Tumbuhan Air Mata Pengantin

Tanaman bunga Air Mata Pengantin merupakan salah satu tanaman rambat yang berbunga indah, tanaman ini walaupun bukan tanaman asli Indonesia akan tetapi tumbuhan ini banyak tumbuh subur di tanah air dan dapat di temukan dengan mudah, banyak orang orang yang membudidayakan tanaman ini sebagai tanaman hias. Tanaman ini meruapakan tanaman Asli Amerika tengah, meksiko yang dikenal dengan nama latinnya Antigonon Leptopus.

Tanaman berbunga ini sangat bagus untuk dibudidayakan, tumbuhan bunga ini masuk dalam suku Polygonaceae, Sejak jama belanda tanaman ini banyak digunakan untu menghias taman dan pekarangan, akan tetapi tanaman ini sangat cepat dalam pertumbuhannya, kadang menjadi gulma.

Tanaman ini merambat maka sangat cocok di tetempatkan di pergola dan bisa menjadi peneduh, tanaman ini terdapat alat pembelit yang berfungsi untuk menahan atau memegang tiang tempat di merambat. tanaman air mata pengantin terdapat dua jenis warna bunga putih dan pink.

Dalam hal perawatan tanaman ini tidak sulit, dan pertumbuhan tanaman ini dapat di kombinasikan antara jenis bunga yang berwarna putih dan ping, disaat berbunga maka sangat menakjubkan.

Cara Menaman Air Mata Pengantin
  • Media tanaman dapat digunakan campuran pupuk kompos tanan dans sekam
  • Bibit dapat digunakan dari stek batang yang tanamannya cukup tua
  • Bila sudah tumbuh dan besar dapat digunakan pupuk NPK
  • Pemupukan disaat petumbuhan vegetatif maka tanaman ini tumbuh baik dan subur
  • Jika ingin tanaman ini diinginkan berbunga banyak dan tidak mudah rontok maka gunakan pupuk yang mengandung fosfor, bisa digunakan pupuk organik dan non organik
  • Dalam hal penyiraman tanaman air mata pengantin disiram secukupnya saja, yang penting menjaga kelembaban pada tanaman ini, Tanaman ini memerlukan sinar mata hari penuh agar tumbuh baik
  • Lakukan pemangkasan seperlunya saja bila ingin tanaman ini tumbuh baik dan merimbun

Komentar