Burung Jenjang

Burung Jenjang merupakan salah satu burung yang lehernya panjang dengan paruh besar, burung jenjang masuk dalam familia Gruidae, ordo Gruiformes. burung ini kalau terbang lehernya di luruskan.

Burung Jenjang salah satu burung yang sangat setia pada pasangannya, bahkan sampai seumur hidup mereka bersama, disaat mereka berkencan burung jenjang akan mengeluarkan suara yang ribut serta mengerak-gerakkan tubuhnya seolah-olah mereka menari, maka dengan ini ada yang dikenal dengan dansa burung jenjang.

Burung Jenjang

Beberapa spesies burung ini merupakan burung migrasi yang sangat jauh, sedangkan burung yang spesiesnya tinggal di musim yang iklimnya panas bukan burung migrasi, burung ini merupakan burung yang berkelompok kadang mereka membentuk kawanan yang besar. 

Kalau di Indonesia burung jenjang dikenal karena seni melipat kertas atau Origami, lipatan kertas seperti bentuk burung jenjang (Orizuru) kadang disebut dengan Tsuru, yang asalnya dari jepang, kadang juga disebut dengan lipatan kertas burung bagau.

Burung jenjang terdapat 2 subordo dari 4 genus dan 15 spesies, dan terdapat diseluruh benua kecuali benua Antartika dan Amerika Selatan. Semua jenis burung terdapat kesamaan pada paruh, kaki dan leher yang panjang. Burung jenjang yang sudah dewasa tingginya bisa mencapai 1 meter dengan warna bulunya hitam, merah dan putih. Dengan ukuran yang besar dan dengan bulunya maka burung ini terlihat mencolok di alam liar, dan yang ciri khas burung ini tidak ditumbuhi bulu pada bagian mukannya.

Burung ini habitatnya di sawah, rawa-rawa, danau, lahan basah dan pada rumput. Burung jenjang merupkan predator yang memakan apa saja, dan susuai dengan musim, mereka memakan, hewan-hewan kecil, ikan, hewan pengerat,dan bintang Amfibi, kadang mereka juga memakan buah buahan.

Sekian yang dapat saya bagikan tentang burung jenjang semoga bermanfaat untuk anda semua.

Komentar