Bunga Anggrek Emas Kinabalu

Anggrek (Orchidaceae) banyak jenis tumbuhan ini dari yang mulai hidup di tropika basah sampai sirkumpolar, anggrek merupakan jenis tumbuhan yang berbunga dan merupakan tumbuhan dengan jenis paling banyak di suku tumbuhan berbunga. kebanyakan dari tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan epifit, ini berarti mereka tumbuh dengan menopang pada tumbuhan lain atau inang, Kita banyak mengenal tumbuhan anggrek, baik yang bunganya biasa-biasa saja, sampai bunga tercantik.

Bunga Anggrek Emas Kinabalu

Dari kebanyakan tumbuhan anggrek ada satu yang sangat istimewa, seperti pepatah mengatakan, di antara bintang-bintang hanya satu yang paling bersinar, hehe. Anggrek ini dikenal dengan harganya yang mahal, nama tumbuhan anggrek ini adalah Anggrek Emas Kinabalu, atau dikenal dengan nama Anggrek Rothschild. Tumbuhan ini hanya bisa di jumpai di Kinabalu National Park yaitu Malaysia, bunga in mekar antara bulan April sampai Mei, Setelah mekar anggrek ini akan mekar kemabli dalam waktu 15 tahun lamanya. anggrek ini dikenal dengan sangat mahal yang mencapai $6000 atau setara dengan Rp. 78 juta kalau mata uang Indonesia.

Tanaman anggrek ini dinamai Leisocentron kinabaluense metusala dan J.J. Wood. ini merupakan spesies "Kinabaluense" yang di ambil namanya dari asal tanaman ini sendiri tumbuh yaitu kinabalu.

Tumbuhan anggrek kinabalu ini merupakan salah satu jenis anggrek yang Epifit. dengan batangnya bisa tumbuh mencapai 20 cm, karena sangat langka dan hanya dapat ditemukan di kinabalu, maka tanaman ini termasuk salah satu tanaman anggrek yang sangat mahal di dunia.

\

Komentar