Kurma Rawa (Phoenix paludosa) yang Tumbuh Di Aceh

Kurma rawa (Phoenix paludosa) ini merupakan salah satu tanaman yang saudara pohon kurma di Arab. Kurma ini dapat ditemukan di daerah rawa-rawa Aceh timur, Ini merupakan salah satu jenis pohon palem (Arecaceae ), tanaman ini salah satu tanaman yang di lindungi di Indonesia, dan tanaman ini sangat sedikit orang yang mengetahui keberadaannya. Penelitian masih sangat sedikit tentang manfaat pohon kurma ini.

Tanaman ini mirip pohon kurma yang tumbuh di timur tengah. Namun berbeda dengan pohon kurma arab yang tumbuh tunggal akan tetapio pohon kurma rawa tunbuh dengan berumpun dengan tinggi yang mencapai lima meter. 

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman indentitas Aceh Tenggara, di luar negeri dapat dijumpai tanaman ini di sungai gangga, India, Semenanjung Malaysia dan Pulau Andaman.

Korma rawa dapat tumbuh mencapi 5 meter dengan daunnya yang berbrntuk sirip yang panjangnya skitar 2 meter dengan terdapat duri-duri pada pangkal daunnya, yang merupakan anak-anak daun yang berubah menjadi duri. Setiap daun memeiliki sekitar 25 anak daun dengan tersusun dalam 4 sampai 5 kelopak.

Korma ini memiliki perbungaan dengan panjang 40 cm, dan dari bunga-bunga ini tumbuh buah-buah kecil yang bentuk bulat-bulat kecil.

Penduduk di sekitar menggunakan daun tanaman ini sebagai bahan untuk pembuatan atap dan pagar, kalau buahnya digunakan sebagai sayur, dan dalam batangnya terdapat sagu yang produksinya rendah dan dapat di makan.

Tapi kurma ini belum banyak penelitian tentan tanaman kurma rawa ini baik itu tentang biologis dan juga potensi dari kurma ini. Dalam paraturan pemerintan nomor 7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan juga satwa tumbuhan dengan nama latin Phoenix paludosa yang termasuk dalam 14 anggota dari suku Arecaceae (Pinang-pinangan) yang dilindungi dari kepunahan.

Komentar