Tumbuhan Sage (Salvia Officinalis)

Tumbuhan Sage (Salvia Officinalis) merupakan salah satu tanaman herbal aromatik yang merupakan keluarga lamiaceae (labiatae). Pada habitatnya adalah Mediterania. akan tatapi tumbuhan ini dapat tumbuh dimana saja tidak mengenal dataran tinggi dan rendah, tumbuhan in banyak dibududayakan untuk di ambil daunnya sebagai bahan masakan di eropa, tumbuhan ini merupakan tumbuhan semak-semak dan dapat tumbuh sampai dengan 60 cm artinya tanaman ini bukan tanaman yang tinggi, tapi hanya tanaman semak-semak.
Tumbuhan Sage (Salvia Officinalis)

Ciri-ciri daunnya berbulu halus dengan lembut sekali, warna permukaan atasnya hijau dengan warna bawahnya hijau keabu-abuan. sege memiliki banyak varietas dan warna. tumbuhan ini juga memiliki bunga dengan warna pink, ungu, putih, dan merah. dan varietasnya dapat dibedakan dengan warna bunganya, tumbuhan ini dapat dijadikan tanaman hiasa di depan rumah, dan dapat dijadikan multi fungsi.

Pada umumnya di eropa tanaman sage di suling dan di ambil minyak esensialnya. pada tumbuhan sage memiliki minyak ensesial (ensensial oil). yang bervariasi sampai mencapai 2.5 % dan juga mengandung cineole, borneol dan thujone.

Komentar