Kantung semar pemakan tikus

Kantong Semar (Nepenthes), ini merupakan tanaman yang dikenal dengan karnivora yang merupakan tanaman pemakan serangga. Namun terdapat juga kantung semar raksasa  yang mampu memakan tikus. 

Berikut ini adalah salah satu kantong semar raksasa yang mampu memakan tikus dan dapat mencernakan tulang serta gigi-gigi tikus yang keras.

Tanaman kantungh seamar raksasa dengan nama latinnya Nepenthes spathulata ini adalah salah satu tanaman yang dapat ditemukan di pulau jawa dan Sumatera dengan tumbuhannya bisa tinggi mencapau 5 meter dengan kantungnya yang besar yang bisa menangkap dan menengelamkan mangsa.
Kantung semar pemakan tikus


Binatang yang yang mendekati kantung semar ini akan terpelesat dan jatuh ke dalam karena kantungnya yang licin dan selanjutnya binatang tersebut akan tenggelam dan mati dengan kelelahan dan akan hancur dengan perlahan karena terkena enzim percernaannya.

Petualang Natural History, Stewart McPherson baru baru ini mereka menemukan spesies tanaman kantung semar ini, yang saat itu bersama ahli botani Alastair Robinson dan Volker Heinrich yang sedang melakukan ekspedisi di Mount Victoria, Filipina.
Tanaman yang unik satu ini tidak hanya menjebak serangga akan tetapi juga hewan seperti tikus. ini merupakan spesies baru ditemukan Nepenthes attenboroughii adala tanaman yang sangat besar untuk menangkap mangsanya.

McPherson mengatakan bahwa semua jenis tanaman kantung semar adalah karnivora. tanaman ini memperoleh nutrisi penting dengan cara mencerna binatang dan tanaman ini biasanya tumbuh di daerah yang kurang subur.

Spesies kantung semar yang ditemukan sekarang ini dengan kantungnya yang basar dan dengan warna hijau dan tedapat bercak dengan warna ungu. jenis tanamannya sangat menonjol di antara tanaman-tanaman lain di sampingnya..

Komentar