Buah Salak dan Jenis-jenisnya

Buah Salak merupakan salah satu buah yang memiliki ciri khas tersendiri contohnya buah salah memiliki kulit yang bagaikan sisik ular, pohonnya berduri dan memiliki rasa buah yang manis, asam kadang juga sepat. Salak merupakan tumbuhan tropis yang di kenal dalam bahasa ilmiahnya adalah Sallaca Edulis.
Buah Salak dan Jenis-jenisnya

Ciri-ciri Pohon salak

  • Pohon salak memiliki batang yang hampir tidak kelihatan dan ini karena ruas-ruasnya pada dan tertutup oleh pelepah daun yang tertutup dengan rapat, beranak banyak dan pada pelapahnya memiliki duri yang banyak, Rumpuh dengan rumput yang rapat dan juga kuat, rimpang dan memiliki banyak cabang. 
  • Tumbuhan ini durinya sangat banyak pada plepahnya, dan pada pelepah tersebut tumbuh bunga dan dengan bunga ini tumbuh  menjadi buah salak

Ciri-ciri buah salah

  • Buahnya hampir segitiga dengan pangkal meruncing dan ujungnya berbentuk bulat
  • Buahnya bentuk tandan dan bergerombol
  • Buahnya berwarna coklat tua
  • Biji dalam buahnya 1 sampai dengan 3 biji

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan tropis dan penyebarannya di seluruh nusantara, dan tumbuh di dataran rendah, Tumbuhan ini dapat tumbuh hampir semua jenis tanah, pada sebuah daerah tumbuhan ini tumbuh pada jenis tanah Latosol yaitu merah kuning hingga cokelat. Tumbuhan salak dapat tumbuh sampai dengan ketinggian sekitar 7 mdpl dan tumbuhan ini menyukai sinar matahari dengan langsung.

Jenis-jenis tumbuhan salak di Indonesia
Tumbuhan ini memiliki banyak kultivar di Indonesia yang kita pikir hanya satu, ternyata tumbuhan ini terbagi atas 20 hingga 30 jenis di bawah spesies, yang paling terkenal di Indonesia adalah salak pondok dari Yogyakarta, Salak condet dari jakarta, salak Simpiduan, salak bali, dan salak madura dari bangkalan Madura. Salak-salak ini memiliki ciri-ciri yang berbeda sesuai dengan daerah pertumbuhannya.

Buah yang memiliki kulit yanga bagaikan kulit ular ini memiliki manfaat juga bagi kesehatan, buah salak bermanfaat untuk obat diare atau mencret, obat sakit mata, untuk diet dan sebagai cemilan sehat dari buah.

Komentar