Ternyata sebagian Cumi-cumi Bisa Menyela Dalam Gelap

Cumi-cumi merupakan hewan laut yang enak dan lezat untuk dimakan, di jepang terdapat kejadian unik dengan cumi-cumi yaitu bisa menyala dalam gelap, ini terjadi antara bulan Maret sampai dengan bulan juni setiap tahu. cumi-cumi ini disebut dengan glow in the dark atau juga dengan Firefly Squid mereka bergerombol di teluk Toyama, mereka itu semua menyela di dalam kegelapan malam.

Toyama bay merupakan salah satu teluk yang besar di jepang, letaknya di sebelah utara Pulau Honshu. Pada teluk ini di kenal dengan kejadian alam yang unik ini yaitu cumi-cumi bisa menyala dalam gelap seperti yang di beritakan di BBC, kejadian ini terjadi antara bulan Maret sampai juni setiap tahunnya.

Pada siang hari cumi-cumi yang menyala ini berlindung dalam perairan yang dalam, pada malam hari mereka naik ke permukaan sehingga terjadi fenomena glow in the dark. Ini indah, dan Firefly Squid inilah terjadi kamuflase yang indah dengan pantulan cahaya dari permukaan.

Dengan ribuan Firefly Squid yang terdapat dalam teluk Toyama maka ini tampaknya bagaikan dalam film 'Life of Pi' dan cumi-cumi merupakan hewan laut yang menjadi sumber makanan di jepang pada umumnya, dan di situ cumi-cumi kadang di konsumsi dengan mentah-mentah langsung dari laut.

Wisatawan disitu juga bisa belajar dengan Firefly Squid di Hotaru Ika Museum, kota Namerikawa. Pada restoran di museum yaitu Kousai menyuguhkan menyediakan menu Firefly Squid Tempura, dan toko-toko suvenir di sekitaran itu juga menyediakan aneka olahan Firefly Squid, dalam bentuk kaleng, bubuk bahkan dalam bentuk permen.

Berikut adalah beberapa gambar Firefly Squid.
Firefly Squid

Firefly Squid

Firefly Squid

Firefly Squid

Firefly Squid


Firefly Squid

Firefly Squid

Firefly Squid

Firefly Squid
Sumber BBC Indonesia

Komentar