Montok Rimba atau Bebek Hutan

Montok Rimba atau dikenal juga dengan bebek hutan dalam bahasa ilmiahnya di kenal dengan Cairina scutulata merupakan sejenis burung air langka yang masuk dalam suku Anatidae. Sekarang ini bebek ini sudah langka di dunia. Terdapat dengan beberapa nama sesuai dengan daerah yang terdapat burung ini di antaranya Serati, Mentok hutan, Angsa hutan dan juga Bebek hutan. Dalam bahasa inggris bebek ini dikenal dengan white-winged Wood Duck.
Montok Rimba atau Bebek Hutan

Mentok ini mirip dengan mentok peliharaan Cairina moschata. memiliki panjang tubuh dari ekor hingga paruh sekitar 75 cm. Pada umumnya warna bulunya gelap dan agak kehitaman dan pada sayap di saat terbang bewarna putih. Leher dan kepala putih dan juga berbintik-bintik hitam. Paruh dan kakinya berwarna bewarna kuning dan jingga kusam. Dan ini tidak seperti montok prliharaan tidak ada lingkaran merah di sekeliling mata.

Mereka banyak terdapat di rawa-rawa hutan dan juga kolam-kolam yang dangkal, dan mereka memangsa tumbuhan (Hydrilla), ikan-ikan kecil, siput cacing, laba-laba dan juga serangga lain. 
Montok Rimba atau Bebek Hutan

Montok tersebar dari mulai India timur laut, Laos, Bangladesh, Thailand, Kamboja, Nyanmar, Vietnam dan Asia Tenggara. Kalau di Indonesia tersebar di Jawa dan juga Sumatera. 

Montok Rimba menyukai lahan basah dekat dengan rimba-rimba, dan montok rimba suka bersembunyi di siang hari dan mencari makan, dan juga mereka kadang aktif di malam hari untuk mencari makan. Mereka biasanya berpasangan dan juga berkelompok antara 6-8 ekor.

Kelangkaan mereka disebabkan oleh pemburuan dan  juga penggunaan tempat berair yang menyebabkan kelangkaan dari montok rimba.

Komentar