Rumput Mutiara dan Khasiatnya

Rumput Mutiara dan Khasiatnya
Sumber pic:rumputmutiara.com
Rumput Mutiara - Rumput ini sering kita jumpai di lingkungan kita, biasa tumbuh di tempat yang lembab, contohnya di selokan, tanah-tanah kosong yang lembab dan tempat-tempat yang agak berair lainnya. Rumput Mutiara merupakan rumput yang tumbuh liar yang masuk dalam keluarga  Rubiaceae.

Ciri-ciri Rumput Mutiara
Pada umumnya rumput mutiara tumbuh rindang, bersifat agak lemah. tinggi 15-50 cm. biasanya tumbuhan ini tumbuh subur di tempat yang lembab parit atau selokan pinggir jalan, batang bersegi dan banyak cabang. daun nya bersilang dan berhadapan, ujung daun agak meruncing, tulang daun hanya satu di tegah. Bunga keluar pada ketiak daun yang bentuknya seperti payung dan berwarna putih.

Untuk Kesehatan 
Rumput mutiara merupakan salah satu tanaman obat yang digunakan oleh orang cina, Hindia dan Asia Tenggara, ini digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Rumput mutiara menurut informasi dapat menyembuhkan penyakit radang usus buntu, radang Amandel, menyembuhkan tersumbatnya saluran sperma yang berakibat sulitnya dapat keturunan, gondongan, hepatitis, infeksi saluran kemih, bisul dan borok.

Terdapat beberapa kandungan senyawa pada rumput mutiara di antaranya ursolic acid, stigmasterol, beta-sitosferol, hentriacontane, dan flavonoid glycosides. 

Cara Mengunakannya
Rebus Rumput mutiara 15-50 gram dan diminum airnya cukup dengan satu gelas saja dalam sehari. dan hati-hati dalam mengonsumsinya, karena bila kelebihan maka akan mengakibatkan penurunan sel darah putih, dan berakibat kering pada mulut dan tenggorokan.

Berhati-hatilah dalam menggunakannya, cari juga cara pengunaannya pada sumber-sumber terpercaya lainnya. Anek Uteun juga tidak ahli dalam hal beginian, Anek uteun hanya dapat membagikan informasi yang mungkin bermanfaat untuk anda sekalian.

Komentar