Pohon Damar dan Getahnya

Pohon Damar ini merupakan suatu pohon yang berasal dari Indonesia, Pohon damar merupakan tumbuhan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Pohon ini   salah satu pohon langka saat ini dan pohon ini  tingginya bisa mencapai 60 dan berdiameter 2 M.

Pohon Damar dalam bahasa latinnya di sebut dengan Agathis dammara (Lamb.) Rich. & A. Rich. Merupakan pohon sejenis runjung, yang menyebar di daerah Maluku, sulawesi hingga ke Filipina. Pohon ini Terdapat juga di Sumatera akan tetapi di Sumatera sangat langka. Pohon ini di budidayakan untuk di ambil getahnya yang di jadikan sebagai Kopal yang digunakan sebagai bahan pelapis kertas suapay tinta tidak menyebar. Kopal juga di gunakan sebagai bahan campuran lak dan vernis.

Pohon Damar dan GetahnyaDamar merupakan salah satu hasil hutan non kayu yang sudah lama dikenal dengan getahnya, getahnya merupakan senyawa polysacarida, yang dihasilkan oleh pohon-pohon tertentu. Sekarang ini damar cukup banyak digunakan oleh orang-orang sebagai bahan untuk vernis dan bahan sebagai pembuatan perahu dan sebagai pembungkus kabel di laut/tanah, Bahan damar di hasilkan oleh pohon-pohon dari genus: Hopea, Balonocarpus, Vatica, Canoriurn, dan Agathis.

Manfaat Damar
Tidak banyak orang yang tahu tentang manfaat damar. padahal pohon kayu damar banyak manfaatnya, kalau digunakan sebagai bahan pembuatan boot/perahu ini memiliki daya tahan yang tanggung dan bahannya ringan. Batangnya lurus sehingga kayu-kayu dari pohon damar banyak yang lurus. Daun nya lebar lonjong dan pipih. kayu dari pohon damar banyak digunakan sebagai peralatan rumah tangga, alat musik dan olahraga. Kalau dalam bangunan kayu dari pohon damar termasuk kualitas IV dan memilki kelas III, getahnya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan cat, kosmetik, plastik, vernis bahkan di gunakan sebagai korek api.

Damar merupakan bahan yang banyak diburu oleh orang-orang dan yang banyak diburu merupakan jenis damar mata kucing, damar batu, damar hitam meranti dan juga damar resak. jenis itu merupakan yang banyak di cari oleh orang-orang dan yang berkualitas tinggi adalah damar mata kucing dan damar batu.

Komentar