Jamur kuping dan Khasiatnya

Jamur kuping dan Khasiatnya
Jamur Kuping ini merupakan jamur yang sangat mirip dengan telinga Manusia dan nama latinnya Auricularia auricula, merupakan salah satu kelompok jelly fungi yang masuk dalam Basidiomycota, dan mempunyai tekstur yang unik. Jamur kuping dapat di budidayakan di di berbagai macam musim contohnya di musim panas, maupun dingin, namun jamur ini sangat baik pada suhu di antara 20-30 °C, dengan kelembabannya 80-90%. Dari jenis jamur-jamur kuping yang banyak di budidayakan oleh petani sebagai berikut.

  1. Jamur kuping hitam ( auricularia polytricha ), jamur ini berwarna keuguan dan hitam dan lebarnya 6-10 cm.
  2. Jamur kuping merah (auricularia yudae) jamur ini berwarna agak kemerahan atau coklat dan ukurannya lebih besar dari yang hitam.
  3. Jamur kuping agar (Tremella Fuciformis) jamur ini bewarna putih dan ukuran dan lebarnya lebih kecil
Di indonesia yang banyak di konsumsi dan di budidayakan dari tiga di atas adalah jamur kuping hitam dan merah, Jamur kuping hitam yang lebih mahal dan rasanya pun lebih enak, akan tetapi produktivitas nya rendah di bandingkan dengan jamur kuping lainnya.

Dalam budidayanya jamur kuping menggunakan batang-batang kayu dan di perlakukan secara khusu agar jamurnya tumbuh dengan baik. Kadang juga dalam pertumbuhannya menggunakan serbuk-serbuk kayu ini dapat menambahkan nutrisi ke media tanam.

Jamur kuping yang di kenal sebagai bahan makanan juga terdapat khasiatnya, salah satunya sebagai obat penawar racun. Lendir pada jamur kuping dapat di gunakan sebagai pengental, dan juga dapat menetralkan kalestrol. Kandungan yang terdapat pada jamur kuping terdiri dari kadar air 89,1 protein 4,2, karbohidrat 82.8, lemak, 8,3, serat 19,8, abu 4,7 dan nilai energi 351.

Hampir semua masakan cina menggunkan jamur kuping, ini di percaya dapat menetralisir racun yang terbawa dalam masakan, Jamur kuping bermafaat sebagai penangkar racun, dalam bentuk nabati, residu pestisida dan sampai degan racun logam berat. Lendirnya dapat mencegah pengumpalan darah, dan kandungan senyawa dalam lendir dapat menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80-90%.  

Manfaat lain jamur kuping  sebagai di antaranya mengobati penyakit stroke, sebagai obat penyakit jantung, Menurunkan kolesterol dan mengobatai Aterosklerosis.

Komentar