Elang Bondol atau Haliastur indus

Elang Bondol atau Haliastur indus
Elang Bondol - Dalam bahasa ilmiah ini dikenal dengan Haliastur Indus, yang merupakan spesies dari Haliastur. Burung elang ini merupakan salah satu maskot kota jakarta. Burung Elang bondol tersebar hampir seluruh wilayah Indonesia.

Burung Elang bondol berukuran sedang di antara burung elang lainnya. dia berukuran sekitar 45 cm, dengan bulunya yang berwarna putih dan coklat pirang. Kalau masih remaja seluruhnya bewarna coklat dengan terdapat coretan di dada. Pada saat Elang Bondol sudah menjadi dewasa maka bulu-bulunya akan berubah seiring kedewasaannya.

Burung Elang Bondol memangsa anak ayam, burung kecil dan mamalia kecil lainnya. ternyata burung ini memangsa kepiting juga. Karena burung ini terdapat juga di rawa-rawa untuk mencari makan. Kalau memangsa kepiting bayangkan betapa kuat cengkraman burung ini. 

Ini seperti burung elang lainnya yang merupakan predator yang sangat berbahaya bagi hewan lainnya yang dimangsanya. Sorotan mata yang tajam dari atas dan kadang merebut makanan dari hewan lain yang lemah menjadi ciri khas burung elang.

Burung Elang Bondol berkembang biak pada bulan Januari - Agustus dan Mei - Juli. Mereka membuat sarang pada puncak pohon-pohon yang tinggi dengan ranting dengan ukuran besar. Telur nya berwarna putih dengan terdapat sedikit bintik-bintik merah pada telur nya, Telurnya burung paElang bondol Biasanya terdapat 2 - 3 telur pada sarangnya.

Komentar