Daun Jati Belanda atau Guazuma ulmifolia

Daun Jati Belanda atau Guazuma ulmifolia
Sumber gambar: id.wikipedia.org
Daun jati belanda atau di kenal juga dengan nama Guazuma ulmifolia.  Ini merupakan salah satu tumbuhan herbal yang banyak tumbuh di Indonesia, dan telah digunakan oleh orang-orang dahulu untuk pengobatan tradisional.

Guazuma ulmifolia atau Daun Jati belanda salah satu tumbuhan dari suku Sterculiaceae dan dikenal juga sebagai tanaman obat. Contohnya banyak digunakan dalam obat pelangsing tubuh yang biasa digunakan dalam bentuk teh. Selain untuk pelangsing tubuh manfaat lain dalam pengobatan dikenal juga untuk menurunkan kadar kolesterol, mengusir rematik, menurunkan kadar lipid dalam darah (anthiperlipidemia) dan masih banyak lagi kegunaannya. 

Menurut penelitian pada daun jati belanda ditmukan beberapa senyawa kimia, di antaranya tannin, resin, flavanoid, musilago, karotenoid, asam fenolat, zat pahit, terpen, sterol, alkoloida, friendelon-3-alfa-asetat, minyak lemak dan lainnya. Tannin yang ditemukan pada daun jati belanda dapat mengurangi absorbs makanan dengan mengedapkan mukosa senyawa protein di permukaan organ usus, Zat musilago dapat berperan sebagai pelicin. Mungkin dengan itulah tumbuhan ini banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain pada daunnya adapun bijinya dapat bermanfaat untuk menurunkan sakit perut dan kembung. Sedangkan buahnya dapat digunakan sebagai obat batuk. Inilah yang dapat saya bagikan hari ini semoga bermanfaat untuk anda sekalian, ini saya dapatkan dari beberapa sumber.

Komentar