Tumbuhan Venus Yang Menangkap Serangga

Tumbuhan Venus
Tumbuhan Venus salah satu tumbuhan yang berbahaya bagi serangga, bila serangga medekat pada daun tanaman venus maka langsung di tangkap atau langsung menutupnya rapat-rapat, sehingga serangga terjebak di antara daun-daunnya dan tidak bisa pulang lagi kesarangnya, ini sangat mengharukan bukan..? :D

Selain Venus tanaman ini dikenal juga dengan The Venus Flytrap, tumbuhan ini menangkap serangga untuk nutrisi dan bukan sebagai energi. Tumbuhan ini menangkap serangga seperti jangkrik, belalang, laba-laba, kumbang dan lainnya. Tumbuhan ini memerlukan zat hara untuk proses fotosintesis sebagai pembentukan energi, atau tumbuhan ini memerlukan zat seperti fosfor, nitrogen dan karbon yang digunakan sebagai untuk proses fotosintesis. tidak seperti pada tumbuhan lainnya semua zat itu dapat di dapatkan pada tempat tumbuh tersebut, yang tumbuh dengan menggunakan proses kapilarisasi di akarnya, tapi pada tumbuhan venus ini beda, karena mereka tumbuh biasanya pada daerah tanahnya akan minim dengan kandungan bahan anorganik dan zat mineral lainnya. Dengan inilah tumbuhan ini hidup dengan cara yang berbeda sebagai kebutuhan zat hara tumbuhan ini dengan menangkap serangga.

Bagi serangga harap hati-hati dengan tumbuhan ini, karena bila anda tidak segaja menghampiri tanaman ini, maka tamatlah riwayat anda. ini peringatan khusus bagi para serangga. hehe Ok kembali lagi kita ke pembahasannya. Tumbuhan Venus salah satu tumbuhan yang dikatagorikan sebagai tanaman yang unik di dunia, karena tumbuhan ini sangat pandai menangkap serangga. Nama latin tanaman ini Dioneae muscipula, cirinya berbentuk buku dengan daunnya bewarna merah dan mengeluarkan aroma yang khas, sehingga menarik bagi para serangga-serangga untuk menghampirinya. Serangga tersebut yang telah di tangkap oleh tumbuhan ini akan segera dilarutkan oleh getah-getah tumbuhan ini dan bagian yang di larutkan akan diserap oleh jaringan-jaringan tumbuhan ini.

Inilah sikilas tentang Tumbuhan Venus yang pandai menangkap serangga, Sekian.


Komentar