Tumbuhan Sirih

Tumbuhan Sirih
Tumbuhan Sirih atau sangat pupuler di Indonesia dengan nama daun sirih, ini merupakan tumbuhan yang berasal dari indonesia, kebiasaan orang-orang mengunyah daun ini bersamaan dengan pinang, gambir dan kapur, dan digunakan pula pada adat-adat istiadat tertentu. Tumbuhan ini sangat berperan dalam kehidupan manusia, baik dari kebiasaan mengunyahnya ataupun dalam acara tertentu, contohnya pada acara adat rumpun Melayu. Kalau di Aceh sangat di kenal dengan Ranup Lampuan, salah satu adat orang Aceh, karena kebiasaan orang Aceh menyambut tamu dengan menhidangkan daun sirih kepada tamunya. Ini berlaku pada masyarakat Aceh.

Sirih salah satu tumbuhan yang merambat dan mereka hidup pada batang-batang pohon yang lain, dan terdapat buah yang agak mirip dengan buah buni yang berbentuk bulat dengan warna hijau ke abu-abuan. Daunnya berbentuk jantung, dengan ujungnya meruncing, bertangkai dan tumbuh berselang seling. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Pada tumbuhan ini terdapat beberapa kadungan di antaranya minyak atsiri, fenil propana, minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, estragol, allylpyrokatekol, cyneole, caryophyllene, cadinene, diastase, seskuiterpena, tanin, pati, betIephenol, seskuiterpen, terpennena dan gula. Karena inilah daun sirih kaya dengan manfaat dan sering dihubungkan dengan obat-obatan. Contohnya digunakan sebagai anti jamur,  antioksidasi, fungisida dan daya untuk mematikan kuman.

Tumbuhan sirih terdapat 4 macam di antaranya adalah sirih yang daunnya hijau tua dengan rasa pedas merangsang, sirih kaki merpati, sirih daun kuning dan sirih daun hitam yang khusus digunakan sebagai obat-obatan.

Khasiat Daun Sirih Sebagai Obat-obatan, berikut adalah beberapa kegunaan daun sirih bagi kesehatan. 
Diabetes
Jantung
Sakit Gigi
Batuk
Penambah Nafsu Makan
Bronkitis
Menghilangkan Bau Badan
Luka Bakar
Mimisan
Bisul
Mata Gatal dan Merah
Koreng dan Gatal-Gatal
Menghentikan Gusi Berdarah
Sariawan
Menghilangkan Bau Mulut
Jerawat
Keputihan
Mengurangi ASI Berlebih

Refrensi: 7manfaat.com, id.wikipedia.org/wiki/Sirih, iniobatku.com

Komentar