Tumbuhan Jarak Pagar

Tumbuhan Jarak Pagar
Tumbuhan Jarak Pagar - Kalau orang Indonesia pasti banyak yang mengenal tumbuhan ini, apalagi di kampung-kampung, banyak kita jumpai dengan tanaman ini, biasanya orang-orang memanfaatkan tanaman ini untuk batas pagar. Selain digunakan pada pagar, tumbuhan ini juga digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Menurut beberapa sumber, sekarang ini telah diteliti pada bijinya terdapat minyak sebagai sumber biodiesel karena terdapat kandungan minyak yang tinggi. Ini sebagai sumber energi untuk mengantikan minyak bumi yang sekarang ini mulai berkurang. Bijinya dapat di olah menjadi minyak jarak yang bisa diproyeksikan sebagai bahan bakar alternati. Semoga penelitian ini cepat berkembang ya..? apalagi sekarang orang-orang sangat ribut dengan masalah BBM (Bahan Bakar Minyak).. :D

Jarak Pagar atau di kenal juga dengan Jatropha curcas.  Ini merupakan tumbuhan yang  tumbuh di seluruh daerah yang beriklim tropis, tanaman ini dapat tumbuh di daerah yang kurang subur dan kering, sangat cocok untuk penghijauan lahan. Tanaman ini merupakan tanaman semak-semak kalau menurut sebagian orang, mungkin siapa tahu ke depan menjadi salah satu tanaman yang sangat beharga bagi anda.!

Ini merupakan salah satu tanaman perdu, biasanya tumbuh sekitar 1-6 meter. Daunnya berbentuk jantung dan kadang bulat telur. Batangnya berkayu dan bercabang tidak teratur dan batangnya bila terluka akan mengeluarkan getah. Buahnya bulat bewarna hijau, bila sudah tua akan berubah menjadi warna kuning, bila buahnya sudah mengering makan akan bewarna hitam agak kecoklatan. Biasanya pada buahnya terdapat 3 biji dengan warna hitam, yang bewarna hitam tersebut merupakan cangkangnya, daging bijinya bewarna putih.

Tumbuhan jarak pagar dalam budidaya terbilang mudah, perbanyakannya dapat dilakukan dengan cara stek ataupun dengan bijinya langsung. Kalau dalam segi hama, sangat jarang ditemukan penyakit khusus pada tumbuhan ini.

Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat. Terima kasih juga saya ucapkan, karena telah baca-baca di blog saya ini. 
 

Komentar