Buah Jamblang atau Jambu Keling

Buah Jamblang atau Jambu Keling atau disebut juga dengan duet, ini adalah salah satu jenis pohon dari suku jambu-jambuan, tumbuhan ini dikenal juga dengan nama-nama tertentu menurut daerah-daerah di Indonesia, kalau orang (Aceh) menyebutnya tumbuhan ini dengan naman Jambe Kleng, jambu kling, nunang (Gayo), jambu koliong (Riau), jambu kalang (Minangkabau.),jambula (Ternate), jambulang, jambulan, jombulan, jumblang (Sulawesi utara), jambulan (Flores), jamblang (Betawi-sunda).  juwet atau duwet (Jawa.), juwet, jujutan (Bali.), dhuwak, dhalas (Madura.), duwe (Bima), Rappo - Rappo (Selayar) dan lain-lain. Kalau dengan bahasa Inggris tanaman ini dinamakan dengan  jambul, jamun, atau Java plum.

Pohon jamlang biasanya tumbuh liar atau tumbuh di pekarangan rumah. Pohon Jamblang termasuk tergolong tumbuhan buah-buahan yang berasal dari Australis tropic, dan Asia. Jamblang juga dapat tumbuh di dataran rendah sampai dengan ketinggian 500 m dpl.

Saya teringat dulu waktu saya masih kecil, saya sering panjat pohon jamblang untuk memetik buahnya, kadang megambil yang jatuh dibawah karena kalau sudah terlalu masak buah jamblang akan jatuh dengan sendirinya kebawah, di cuci terus dimakan. Rasa buahnya  sepat, masam, manis, kalau sudah terlalu tua rasa buahnya manis dengan aroma yang khas. Warna buahnya ungu khitaman, waktu masih muda buahnya bewarna hijau.
Buah Jamblang atau Jambu Keling

Selain itu buah jamblang kaya dengan manfaatnya. 
Buahnya kaya dengan kandungan antosianin sebagai antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas
Buah jamblang berpotensi sebagai anti racun
Zat antosianin yang berwarna ungu pada kulit buah jamblang, juga dapat digunakan sebagai pewarna alami pada pengolahan makanan
Pada buah jamblang terdapat pula Vitamin C, Vitamin A, Riboflavin, asam amino, kolin, asam folat
Pada buah jamblang mengandung juga aneka zat mineral, diantaranya natrium, kalsium, kalium, posfor, zat besi, dan mangan
Buah jamblang juga bermanfaat sebagai penurun kolesterol dan anti diabetes.


Komentar