Kehidupan Lebah

Kehidupan LebahLebah adalah salah satu bintang kecil yang bisa terbang untuk mencari madu pada bunga-bunga, mereka biasanya berkelompok untuk membuat sarang dan tempat untuk menyimpan madu.

Semua lebah masuk dalam suku familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali lebah tidak ditemukan di Antartika.

Lebah membuat sarangnya pada perbukitan dan pohon-pohon yang besar dan juga kadang-kadang pada atap rumah, dengan sarang yang bergantung pada cabang pohon.

Lebah merupakan binatang dari insectebrata atau lebih di kenal dengan serangga, hidup mereka berkeloni. Lebah mungkin bagi anda salah satu binatang yang menakutkan, tapi tergantung bagaimana kita menilai sifatnya lebah, Karena lebah akan menyengat kita bila kita menganggunya.

Lebah madu
Didunia ada 7 species lebah madu yang sudah diketahui, yaitu : Apis dorsata, Apis Laboriosa, Apis Mellifera, Apis Florea, Apis Andreniformis, Apis Cerana dan Apis Koschevnikovi. Lebah madu selalu hidup berkoloni, rata-rata setiap koloni berkisar 60-70 ribu lebah dalam satu sarang. Walaupun populasi yang demikian padat, lebah mampu melakukan pekerjaannya secara terencana dan teratur rapi.

Didalam sarang lebah, terdapat:

    Ratu lebah (Queen Bee)
    Lebah jantan (Drones)
    Lebah Pekerja :
        Lebah perawat (Nurse Bees)
        Lebah pencari (Scout Bees)
        Lebah pengumpul (Collector Bees)

Ratu lebah (Queen Bee) 
Lebah yang bertanggung jawab dalam proses reproduksi dalam koloni lebah madu. Lebah betina ini merupakan satu-satunya lebah yang melakukan proses perkawinan. Memiliki ukuran tubuh lebih besar dan panjangnya satu setengah panjangnya tubuh lebah pekerja, berwarna lebih gelap (hitam kecoklatan). Lebah ratu dapat bertelur lebih dari 2000 butir telur per hari dan dapat hidup dari 4 tahun sampai 5 tahun. Hal itu disebabkan lebah ratu mengonsumsi royal jelly sepanjang hidupnya.

Lebah jantan (Drones)
Lebah jantan memiliki karakter fisik yang lebih kecil dari ratu lebah namun semakin besar dari lebah pekerja. Ciri yang menonjol yaitu matanya yang besar. mata itu terdiri dari faset yang semakin banyak daripada faset pada mata lebah pekerja serta ratu lebah.

Lebah jantan tidak memiliki pipa penghisap madu serta juga tidak memiliki kantong pollen dikakinya. hingga lebah jantan tidak bertugas menghimpun pollen atau madu, lebah jantan cuma bersihkan sarang, melindungi sarang serta tugas mudah yang lain. Manfaat utama lebah jantan yaitu mengawini ratu lebah.

Lebah perawat (Nurse Bees)
Lebah perawat merupakan lebah pekerja yang teristimewa menjaga ratu lebah serta anak-anaknya atau larva. Mereka bertanggung jawab untuk menghasilkan royal jelly, dan berikan makan sang ratu dengan royal jelly, bee pollen serta madu.

Lebah pencari (scouts bees)
Lebah pencari merupakan lebah pekerja yang melacak sumber-sumber pollen, nektar serta propolis. kala mereka mendapatkan sumber makanan yang paling baik, mereka dapat kembali ke sarang serta menginformasikannya pada lebah pengumpul. Sesudah itu, lebah pengumpul pergi untuk menyatukan makanan tersebut.

Lebah pengumpul (Collector Bees)
Ketika mengumpulkan pollen dari bunga-bunga, lebah pengumpul hanya akan mengunjungi tipe bunga yang sama hingga semua pollen habis terkumpul. Pada saat lebah mengumpulkan pollen, ia juga mencampurkannya dengan sedikit madu dari mulutnya dan kemudian membentuk gumpalan pollen yang akan disimpan dalam kantong yang terdapat di kaki lebah.

Lebah pengumpul menghisap nektar dari bunga-bunga dengan lidah mereka yang panjang. Mereka hanya mengunjungi bunga dari spesies yang sama dalam satu putaran pengumpulan, untuk memastikan bahwa nektar yang dikumpulkan berasal dari satu sumber yang sama.

Nektar yang terkumpul kemudian disimpan dalam sel madu yang terbuka. Sel-sel ini akan tetap terbuka hingga nektar menguap dan terbentuk cairan madu yang kental dan matang.

Komentar