Burung Cerukcuk

Burung Cerukcuk
Burung Cerukcuk - Ini adalah burung yang terdapat di lingkungan kita, burung ini banyak terdapat di hutan-hutan kecil di perkampungan, Burung cerukcuk salah satu burung pemakan buah-buahan, kadang juga burung ini memangsa serangga, ulat-ulat kecil dan cancing.

Hidup Burung cerukcuk berkolompok mencari makanan dan tidur di saat malam di ranting-ranting pohon yang rimbun, dan burung ini biasanya ribut-ribut di saat pagi, kicauan dari burung cerukcuk menandakan hari telah pagi, kadang juga burung ini ribut-ribut disaat sore, disaat burung ini merapat kepohon-pohon kecil untuk tidur bersama kawan-kawannya.

Burung cerukcuk adalah burung yang berkicau, burung ini salah satu dari suku Pycnonotidae. terdapat pula dengan beberapa nama burung ini di antaranya Terucukan, Crocokan, Trocok atau Kutilang Dada Kuning. kalau orang Aceh burung ini dinamakan dengan Buerujuek.

Burung cerukcuk ciri-cirinya berukuran sedang, dengan panjang dari ujung ekor sampai ujung paruhnya sekitar 20 cm, punggungnya sampai ekornya bewarna coklat agak gelap. dan bawahnya terdapat warna putih kusam, mahkotanya hitam, alis dan sekitar matanya putih, terdapat garis dari paruh kematanya hitam, pada pantatnya terdapat warna kekuningan.

Sarang burung cerukcuk bulat yang berbentuk cawan yang di buat dengan tangkai-tangkai daun dan rumput-rumput yang halus, sarangnya terbuka, burung ini biasanya bertelur dengan dua telur, warna telurnya putih dan terdapat bintik-bintik coklat pada telurnya.

Burung cerukcuk harganya tidak semahal burung-burung kicau lainnya, akan tetapi burung ini banyak di tangkap untuk dipelihara kebanyakan di desa-desa, burung cerukcuk gampang jinak bila masih anak-anak di pelihara dengan baik.

Bila di pelihara burung cerukcuk biasanya diberi makan buah-buahan seperti buah pisang dan buah pepaya, ataupun serangga dan belalang.



Komentar

Posting Komentar