Bunga Matahari atau Sunflower

Mungkin bunga yang satu ini tidak asing lagi bagi anda yaitu Bunga Matahari, kalau dalam bahasa inggris bunga ini namanya Sunflower yang artinya Bunga matahari juga. bunga matahri berasal dari daerah tropis Meksiko. Disaat masa kecil ku dulu aku kenal yang namanya kuwaci, mungkin anda kenal juga yang namanya kuwaci, ini adalah biji matahari, rasanya agak asin dan gurih, makan kuwaci terbilang agak ribeet sedikit karena kita harus mengupas dulu kulitnya, bijinya kecil dan keras.

bunga matahari
Bunga matahari sekarang populer ditanam sebagai tanaman hias di taman-taman dan juga sebagai penghasil minyak, bunga ini warnanya kuning terang yang khas dan kita tidak sulit untuk membedakannya dengan bunga lain. Bungannya memiliki bongkol dan dihiasi dengan mahkota bunganya yang tersusun dengan bunga-bunga kecil. Yang unik dari bunga matahari adalah bunganya selalu menghadap ke arah matahari.

Berikut adalah ciri-ciri dari bunga matahari bila anda tidak mengetahuinya.
  • Batangnya berdiri tegak dan dan berbulu, ketinggiannya mencapai 1-3 m
  • Umur tanaman ini bisa mencapai 1 tahun dan kemudian mati.
  • Daunnya tunggal dan berbentuk hati
  • Batangnya basah
  • Batang bunga matahari jarang bercabang
  • Ukuran bunga besar seperti cawan bewarna kuning dengan bersusun mahkota bunga pada bongkol bunga.

Selain cantik dan menarik ternyata banyak manfaat dan khasiat pada bunga matahari di indonesia bijinya di olah sebagai makanan ringan yaitu kuwaci ternyata bijinya terdapat kandungan-kandungan minyak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. 

Minyak biji bunga matahari atau sering disebut dengan Sunflower oil

Nutrisi
Didalam biji bunga matahri terdapat kandungan banyak asam lemak tidak jenuh seperti omega 3 dan omega 6 selain itu banyak terdapat vitamin E dan asam lemak tidak jenuh.
Manfaat 
Baik untuk kesehatan tubuh karena minyak dari bunga matahari mengandung asam lemak tidak jenuh yang mudah di cerna oleh tubuh dan tidak mengumpal dalam darah, yang baik untuk kesehatan jantung dan awet muda.

Inilah sekilas tentang bunga matahari dan khasiatnya, semog ini bermanfaat untuk anda sekalian.


Komentar