Buah Srikaya dan Manfaatnya

Buah Srikaya dan Manfaatnya - Buah ini disebut juga dengan buah Nona, atau dengan bahasa sains Annona squamosa, buah ini memiliki biji banyak seperti buah sirsak, akan tetapi kulit dari buah ini beda dengan buah sirsak yaitu luarnya memiliki mata atau benjolan yang agak besar dari buah sirsak.

buah srikaya
Habitat asli buah srikaya berasal dari daerah tropis yaitu Amerika, Jamaika, Karibia, India dan Pakistan. Menurut sejarah buah ini ditemukan oleh para pelaut Eropa Oleh pelaut Inggris dinamakan buah ini dengan Sugar Apple atau Custard Apple, yang berarti berasa seperti puding (custard) yang berbentuk bagai buah apel.

Buah Srikaya rasanya manis seperti podeng, selain buahnya yang manis ternyata buah ini banyak manfaatnya bagi kesehatan mulai dari buahnya, daun, batang, akar sampai denngan bijinya. berikut ini adalah manfaanya bagi kesehatan.
  • Pada Buah srikaya yang masih muda terdapat tonin yang berkhasiat untuk mengatasi diare, gangguan pencernaan (atonik dispepsia), dan disentri akut.
  • Daun srikaya brkhasiat untuk mengobati astringen, peluruh cacing usus (antheimintik), antiradang, serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. rasanya pahit, kelat dan sedikit dingin.
  • Daun srikaya juga dapat digunakan sebagai obat mengatasi batuk, demam, menurunkan kadar asam urat, rematik, darah tinggi, diare, disentri, kutu kepala, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, pemakaian luar untuk borok, bisul, luka, kudis skabies dan ekzema.
  • Akar pohon srikaya mengandung flavonoida,kamphor, borneol, terpene, saponin, alkaloid anonain, tanin, dan polifenol. Rasanya akar pohon srikaya pahit dan sifatnya agak dingin. Akar pohon srikaya berkhasiat sebagai anti depresi dan antiradang. Biasanya digunakan untuk mengatasi sembelit, disentri akut, nyeri tulang punggung dan depresi mental.
  • Kulit tumbuhan pohon srikaya berkhasiat untuk astringen dan tonikum, bisa juga digunakan untuk mengatasi , disentri, diare, dan luka berdarah. Kulit kayu pohon srikaya mengandung flavonoida, terpene, borneol, kamphor dan alkaloid anonain.
  • Biji pada buah-buah srikaya berkhasiat untuk memacu enzim pencernaan, anthelmintik dan abortivum. Kandunga yang ada pada biji buah ini antara lain minyak, resin, dan bahan beracun yang bersifat iritan.
Inilah sekilas tentang Buah Srikaya dan Manfaatnya dan semoga ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Wassalam


Komentar