Memetik Buah Rambai

Kemaren saya pergi ke salah satu pedalaman Aceh Timur dan disana banyak sekali buah rambai dan saya pun memanjatnya dan memetinya untuk merasakan rasanya buah rambai, buah Rambai rasanya asam bila masih hijau, bila sudah masak rasa asamnya hilang dan rasanya manis agak keasaman, bila sudah masak buah ini putih agak kecoklatan.

Buah Rambai adalah jenis buah-buahan yang tumbuh liar dan ada pula dikebun-kebun, pohonnya rimbun dan memanjang, daunnya hijau mengkilap di permukaan atas (ventral) dan agak kecoklatan dan sedikit bermiang di sisi bawah.

Dari sumber Wikipedia pohon ini tumbuh di Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia (terutama Sumatera dan Kalimantan).

 Waktu musimnya buah rambai banyak berbuah dan bergantungan di pohonnya, Buahnya bulat seukuran buah langsat, tangkai buah rambai memanjang dan dihiasi dengan buah-buahnya di tangkainya.

Bila anda belum merasakan rasanya buah rambai silahkan beli di pasar-pasar kalau ada, buah ini terbilang murah, mungkin salah satu faktornya kurang diminati karena buahnya yang agak masam.

Dibawah ini adalah foto buah rambai yang saya foto sendiri, dari hasil saya metiknya dari pohonnya langsung, untuk saya ngak jatuh dari pohon rambai. hehe
buah rambai
buah rambai

Komentar