Buah Sirsak dan Manfaatnya

Buah Sirsak - Dengan nama Sirsak, siapa yang tak kenal dengan buah ini,? Apalagi kalau kita di desa-desa banyak kita jumpai dengan buah ini,, tapi menurut saya itu dulu, sekarang sudah mulai langka dengan buah itu seperti dengan daerah saya yaitu di Aceh di kampung-kampung saya dulunya banyak menjumpai pohon-pohon sirsak tapi sekarang sudah berkurang mungkin itu dari pengaruh hamanya atau kurangnya orang-orang yang memelihara pohon sirsak. Sekarang ini dihalaman rumah saya ada satu batang setinggi sekitar 4 meter yang kemaren ada sempat berbuah (promosi sob) hehe,.

Kali ini saya akan bagikan Buah Sirsak dan Manfaatnya ini saya ambil dari beberapa sumber di google karena saya bukan seorang ahli juga dalam buah-buahan saya hanya seorang blogger yang sekarang ini lagi belajar menulis di blog-blog saya. Kok jadi curhat ini..???hehe Ok langsung saja kita ke pembahasannya.

Pohon sirsak berasal dari Amerika tegah dan selatan dan sekarang sudah mnyebar ke seluruh dunia dan juga Indonesia tak ketinggalan dengan pohon ini banyak kita jumpai di Indonesia. Pohon sirsak mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan ini bisa tumbuh sampai 9 meter. Sebenarnya pohon ini bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000m diatas permukaan laut. Namun meskipun demikian, ternyata pohon sirsak juga tetap bisa tumbuh dan berbuah didataran rendah. 

Ternyata manfaat dari buah sirsak ini sangat banyak tetapi orang-orang  jarang mengetahuinya seperti mengobati ambeien dan diare pada bayi.

Manfaat buah sirsak dan kandunganya
Asam acrobat
Kandungan asam acrobat dalam buah sirsak dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh kita, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Serat
Terdapat kandungan serat larut dan tak larut dalam buah ini. Manfaat dari kandungan tersebut yakni mengurangi rasa tidak nyaman akibat sembelit.

Fosfor dan Kalsium
Dalam buah sirsak ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah ternyadinya osteoporosis. Selain itu kandungan fosfor dan kalsium dalam buah ini tentunya mampu menjaga kesehatan tulang anda.

Karbohidrat
Tentu saja kandungan yang satu ini bermanfaat untuk selalu memberikan energi untuk tubuh kita beraktifitas. Selain itu aromanya yang menyegarkan bisa meningkatkan mood dan kandungan thiamin didalamnya dapat memperbarui energi.

Vitamin (C, B1, B2)
Kandungan vitamin C dalam buah sirsak mempunyai fungsi untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah radikal bebas. Dan kandungan riboflvin atau vitamin B2 dapat menurunkan sakit kepala seperti migrain serta memperlancar metabolisme tubuh kita.

Zat besi
Kandungan zat besi dalam buah sisrsak bermanfaat untuk meningkatkan kandungan sel darah merah dalam tubuh, sehingga dapat mencegah anemia.
 Manfaat buah sirsak bagi kesehatan lainnya yakni sebagai berikut.
  • Mengatasi masalah kerontokan rambut
  • Membantu proses pembentukan gigi serta tulang bayi pada saat masih dikandungan
  • Memperkuat system kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menstabilkan berbagai fungsi tubuh
  • Mampu membunuh sel kanker
  • Mengatur proses metabolism
  • Dapat mengatasi atau mengobati ambeien.
  • Mengobati diare pada bayi.
  • Menjaga kualitas sel darah
Inilah manfaat buah sirsak yang  saya ambil dari beberapa sumber dan inilah yang dapat saya bagikan hari ini terima kasih sudah membaca-baca di blog saya ini dan semoga ini jadi manfaat unutuk anda-anda sekalian dan bila jangan lupa juga meninggalkan jejak anda dengan cara berkomentar di bawah.. sekian terima kasih Wassalam.
 

Komentar