Burung Cucak Ijo Burung Pengicau

Burung Cucak Ijo Burung Pengicau
Burung Cucak Ijo ini merupakan salah satu burung pengicau yang nama latinnya Chiropsis Sonnerati, burung ini merupakan salah satu burung yang populer pada pencinta burung. bulunya memiliki warna yang khas, hampir keseluruhan warna bulunya hijau dan hitam di bawah paruhnya.

Kicauan nya merdu dan pandai meniru burung suara burung lainnya. Burung cucak ijo kalau di indonesia dapat di jumpai di daerah Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Pada habitatnya burung ini hidup secara berkelompok di dalam hutan lebat dan terbang dari pohon ke pohon lainnya.

Meskipun burung ini liar, cucak ijo mudah untuk jinak dan akrap dengan majikannya, burung ini memakan serangga, jangkrik, ulat dan juga buah-buahan sebagai makanan utamanya.

Kalau di Indonesia burung ini terdapat banyak jenis, terdapat juga dengan beberapa nama ada yang menyebutnya dengan Cipoh atau Cipo, dan Cipoh terbagi dengan Cipoh kucat dan cipoh Jantung, Jenis ini masuk dalam kelompok Genus Aeghitina. Sedangkan pada jenis lainya di sebut dengan Cica daun Kecil dan Cica Daun Besar, ini pada umumnya dinamakan dengan Cucak Ijo.

Kalau kicauannya  burung cucak ijoe tidak kalah dengan master-master burung pengicau lainnya, seperti cucak Jenggot, Love Bird, Cililin, Punglor Merah dan lain sebagainya. Burung ini terdapat kelemahan yaitu sulit mengingat nyayian yang dia bawakan inilah kelemahan burung ini.

Burung betina dan jantan sangat mudah untuk membedakannya, burung yang jantan pada umumnya berwarna hijau dengan terdapat warna hitam di bawah paruhnya. Kalau yang betina tidak ada warna hitam hanya terdapat warna sedikit kuning pada lehernya. Kalau dalam bersuara jantan dan betina sama-sama keras.

Komentar