Tanaman Cokelat/Kakau

Tanaman Cokelat/Kakau
Salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan oleh petani adalah Kakau, petani-petani Kakau mengambil bijinya dan dikeringkan untuk dijual kepada agen, tanaman Kakau menurut yang saya baca dari sumber wikipedia adalah salah satu tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. biji dari tanaman ini di oleh dan dijadikan makanan populer yaitu Cokelat.

Di daerah saya banyak terdapat kebun-kebun kakau milik petani-petani yaitu di daerah pedalaman Aceh Timur, sekarang ini harga biji kakau yang sudah kering mencapai 30.000 atau lebih, ini pada saat tanggal postingan ini saya terbitkan. Mungkin besok akan turun atau bertambah naik harganya saya tidak tahu hal yang demikian.

Bagi petani-petani Kakau adalah sumber pendapatan mereka dari buah ini, dan kalau di daerah saya bila kita melintas banyak penampakan-penampakan jemuran biji kakau, mungkin dari sinilah saya bila di daerah saya banyak kebun kakau.

Ini adalah contoh kakau yang lagi dijemur di teriknya matahari.
Tanaman Cokelat/Kakau
Biasanya buah Kakau/coklat waktu sudah masak dari hijau maka akan berubah kekuning, dan yang kuning ini di petik dan di belah di ambil bijinya terus dijemur pada sinar matahari sampai kadar air pada bijinya hilang.


Komentar